Senin, 02 Juni 2008

Roteee.. Roteee...


Mumpung masih pagi dan matahari blom tinggi, aku mo posting yang bergizi... *gag nyambung lagiiiii...* Huehehe... koq jadi akhiran i smua niy..

Sekarang bu guru mo nanya : sapa blogger yang suka roti tawar tunjuk tangan...! Ck..ck..ck.. ternyata pada suka ama makanan bule ini ya..... sama koq, diriku apalagi. Kalo gag ketemu roti berapa hariii.. ajah keknya jadi mupeng. Sebenarnya yang namanya roti tawar itu sekarang jenisnya bukan cuman yang putih ajah, tapi juga ada yang ijo (karena penambahan esens pandan dan pewarna ijo). Juga ada yang berwarna coklat, dibuat dari tepung terigu penuh yang tidak diputihkan sehingga masih mengandung serat makanan yang diperoleh dari dedak sekamnya. Yang paling menyehatkan adalah roti tawar gandum yang berbahan dasar tepung gandum. Warnanya agak kecoklatan dengan bintik2 gandum, bertekstur kasar dan terasa agak seret kalo dimakan *alias kurang enak tapi sebenarnya bagus buat kesehatan/diet*

Supaya roti tawar tetap yummy buat dikonsumsi ada baiknya kalo :


  • Kemas roti dengan plastik supaya roti gag cepat mengeras karena menguapnya air dari permukaan roti.

  • Roti bisa disimpan dalam lemari pendingin, tapi pada saat akan dikonsumsi panaskan dulu dalam oven ato microwave agar teksturnya lembut kembali.

  • Umur simpan roti antara 3 hingga 5 hari. Setelah tenggang waktu tersebut sebaiknya roti jangan dikonsumsi, tapi diolah menjadi produk lain seperti roti kering. Jamur yang tumbuh pada roti mungkin akan memproduksi zat racun yang berbahaya bagi kesehatan seperti alfatoksin.

*Terdengar teriakan tukang roti* Roteee... roteee...... kring, kring, kring.. roteee.... roteee....

Kabur dulu ah, mo nyegat tukang roti...

12 komentar:

iksan mengatakan...

yang aus yang aus yang aus.....
akua ... akua .... akua

christi mengatakan...

soal roti emang siiip...aku jg lbh tertarik dg roti yg uenakkk drpd masakan yg kliatan uenakkk..

ria mengatakan...

wahhh... tips nya bermanfaat bgt mba, aku juga pecinta roti loh! :)

pudi-interisti mengatakan...

wah tipsnya boleh juga tuh. Kita sering konsumsi roti, jadi bermanfaat nih.

Gudang Kambing mengatakan...

saya suka roti sumbu bu...!

dhie mengatakan...

Aku ke Medan hari ini, sambuil icip2 roti buatan Nina..... :D

~ tc ~ mengatakan...

mau roti ganda nin???
:P~

Ani mengatakan...

Waaah cucok, aku pencinta roti, cake dan kue2 basah sejenisnya. Jadi kapan dunk mo ngirimin aku roti ? :-)

dee mengatakan...

kalo roti tawar, aku makan buat sarapan aja sama cemilan menjelang mkn siang. klo makan siang, aku milih makan nasi, mie, atw kentang rebus..lbh kenyang :D

Elsa mengatakan...

boleh menambahkan tipsnya?
kalo mau nyimpen roti tawar, simpanlah di freezer (biasanya di atas). jangan di lemari es biasa (yang biasanya di bawah). dijamin deh, lebih tahan, dan setelah dipanaskan kembali di microwave, teksturnya tidak berubah. cobain deh! kalo disimpan di bawah, setelah dipanaskan, teksturnya sedikit berubah.

Anonim mengatakan...

Hallo mbak, artikel nya bagus-bagus banget, dan saya lihat di blog mbak ini banyak yang mengunjungi, sayang sekali klo nggak di pasang iklannya. klo mbak berminat coba aja di
www.kumpulblogger.com

aksesoris mobil avanza mengatakan...

lezat makan rotii dipagi hariii...plus kopi...mantap dah..