Rabu, 07 Mei 2008

Yok... Hijaukan Kantor..!


Maksudnya tentu bukan kantor yang dicat serba ijo tapi menciptakan suasana kantor yang ramah lingkungan. Ribet? Nggak koq, aku dah praktekin *walopun blom smua* Kalo aku bisa tentunya smua pasti bisa, coba cari tau dulu caranya di bawah ini.


  1. Maksimalkan teknologi. Daripada bikin undangan rapat pake kertas lebih baik kalo gunakan fasilitas email ato sms. Juga file2 hardcopy bisa dikurangi dengan menyimpannya di USB ato CD.

  2. Hemat kertas. Gunakan kertas sehemat mungkin, kertas bekas bisa dimanfaatkan untuk memo dengan cara memotong2nya menjadi 4 bagian lalu diklip jadi satu, letakkan di dekat telepon untuk mencatat pesan2 penting.

  3. Makan siang di tempat. Lebih bagus lagi kalo bawa bekal dari rumah. Kalo terpaksa makan diluar usahakan makan di tempat tersebut. Dengan demikian akan mengurangi sampah bungkusan makanan (plastik, styrofoam ato alumunium foil).

  4. Kurangi lembur. Artinya juga mengurangi pemakaian listrik untuk AC, penerangan dan komputer.

  5. Duduk membelakangi jendela. Manfaatkan penerangan alami matahari dengan cara duduk membelakangi jendela, karena kalo duduk menghadap jendela sinar matahari akan terhalang oleh komputer ato rak.

  6. Flush toilet sekali ajah. Kapasitas tanki toilet berbeda2, ada yang 9 liter juga ada yang 15 liter. Makanya hematlah pemakaian air di toilet dengan cara menekan flush setelah air di tanki penuh, sehingga tidak perlu menekan flush berkali2.

  7. Cabut semua kabel elektronik. Sebelum meninggalkan kantor, pastikan semua kabel elektronik sudah dicabut, karena pada saat stand by peralatan elektronik tetap menyerap energi listrik.

Hayooo.... bisa nggak? Kalo ada niat pasti bisa koq, yang jelas manfaatnya tentu bukan buat orang lain tapi buat kita sendiri. Ayo !!

7 komentar:

rizky mengatakan...

Setuju Bozzz????

entar kalo da bersih kantornya lalu bersihkan kantorku ya bozz???
jangan marah ya buk!!

pudi-interisti mengatakan...

Wah.....kalau gak boleh nglembur gak bisa ngasih setoran lebih buat mamanya anak-anak nih?
Tuing...( mikir )

adi mengatakan...

kalo ngeblog masih bebas kan bu?

rizky mengatakan...

Hayooo.... bisa nggak? Bisa Bu Guru! Alhamdulillah tahun 2001-an aku ama teman-teman udah mulai kampanye, baik sampah tuntas surabaya atau tunas hijau, sekarang ada yang berseru lagi, ikutan aja dan mendukung 100%. n yang perlu lagi (ini hanya ajakan) ayo kita bina anak-anak yang ada di jalanan, mereka butuh pendidikan juga....... (hi, hi, hi.... sambil menyeka air mata)

aprie mengatakan...

"Kalo terpaksa makan diluar usahakan makan di tempat tersebut..."

wah kalo q mau gak mau ya makan di luar mba, lha wong gak ada yang ngurusin je.
he...he...he..



"Kurangi lembur....."
wah kurangi lembur berarti bulanannya juga kurang dunk..he...
*matre made on*...

iksan mengatakan...

ada lowongan unutk tenaga bersih2 ga?

yopi k mengatakan...

insyaallah bsa bu, asalkan dimulai dr hati sendiri..
tp, baikx tdk hanya dkantor bu, disekolah,rumah,jalan,pasar dll, pokokx disemua tempat,
ayo hemat, bkn BUMI QT HIJAU KEMBALI