Rabu, 28 Mei 2008

Daun Muda sebagai Pupuk


Ini maksudnya daun muda beneran bukan ^daun muda^ alias brondong loh... Emang ^daun muda^ bisa dipake sebagai pupuk? 'Auk ah.. gelap... ehehehee... Dahlah.. koq jadi ngelantur! Gini loh bloggers skalian.... aku mo ngomongin soal tanaman, bukan yang laen. Ini soal kekmana cara menyuburkan tanaman dengan pupuk alternatif. Biasanya yang kita tau pupuk kan ada macem2, pupuk kandang, kompos ato pupuk berbahan kimia. Nah... Supaya tanaman jadi subur kita perlu menambahkan pupuk, gag cukup cuman disiram ajah.

Salah satu pupuk alternatif yang bisa digunakan dan juga ramah lingkungan adalah dengan menggunakan daun2 muda, caranya :
  1. Ambil daun2 muda dari tanaman apa aja (lebih baik jika berasal dari tanaman berdaun lebar), lalu diiris2.

  2. Letakkan rajangan daun2 muda tersebut di bagian atas media tanam bagi tanaman yang ingin dipupuk.

  3. Siram setiap hari

Hanya perlu satu minggu untuk melihat hasilnya, perakaran akan berkembang, begitu juga dengan daunnya. Koq bisa? Karena pada bagian pucuk daun muda terdapat hormon pertumbuhan bernama auksin. Hormon inilah yang berperan merangsang terbentuknya nodus (bakal) akar dan daun. Walopun begitu, pemberian daun2 muda gag boleh terlalu sering karena akan mengakibatkan akar yang terbentuk menjadi sangat banyak dan amalh akan mengganggu media tanam, terutama media tanam di pot. Ukurannya, untuk pot biasa cukup dengan segenggam tangan rajangan daun2 muda.


Sekarang... lihat kebunku, penuh dengan bunga... ada yang merah dan ada yang putih... *nyanyi2 gembira*


14 komentar:

Rizki Eka Putra mengatakan...

ernyata nina suka berkebun juga! kalau mumuk daun muda boleh nggak ya? he he

si Cabayans mengatakan...

Mba, daun muda boongan pun bisa loh jadi pupuk bahkan bisa sekaligus jadi bibit, hebatkan. Ga percaya? silakan di coba!................. ^_^ he...he...he...

Anak berbakti mengatakan...

Sumpah, jadi inget hobi ibukku yang seneng banget berkebun di atap rumah. sayang ibukku ga ngerti pupuk jenis ini. Satu-satunya pupuk yang digunakan adalah **pup** keponakan yg umr 1.5 taon

Elsa mengatakan...

eh nin...punya tips bikin pestisida alami gak?
soalnya tanaman strawberry ku lagi diserang wabah... apaan ya? aku gak tau tuh wabah apa. pokonya tiba-tiba aja diselimuti benda mirip bedak gitu. puti putih semua. disekujur tubuh tanaman strawberry ku. sedih kan?? hik hik hik...

kenapa hidupku dipenuhi kesedihan yang beruntun....

Budi Setiawan mengatakan...

Siap ... aku hadir mengamen.. ech.. meng-comment postingannya yang tentang "daun muda" itu yach..?? emangnya ada "daun tua" ya mbak???

Didiet mengatakan...

tadi tak kira daum muda lo mbak..soalnya aku kan senang kalo daun muda ternyata....(gak nyambung ni komentarku)

antown mengatakan...

ooo bisa ya mbak, bagus nih tulisannya bermnfaat

nina mengatakan...

yang punya rumah kutan cerewet buat :
@ Uda : berkebun skali2 ajah Da, kalo lagi bete

@ si cabayans : gauk usyah dicoba dakuw udah percaya koq... hueheheh..

@ anak berbakti : wah.. itu brarti pupuknya gag diperjualbelikan secara bebas yaa...huehehehee..

@ elsa : turut berdukacita, tapi sayangnya dakuw gag begitu paham soal pertanian, tapi ntar kalo ada info pasti aku kasitau say..

@ boeditea : daun tua..? ya ada dunk, itu tuh.. daun yang dah gugur... ^_^

@ didiet : kaum muda ya emang beda2 tipis la ama daun muda..

@ antown : makanya sering2 mampir ke rumahku yaa...

aprie mengatakan...

oh gitu ya..abis tanamannya tumbuh subur trus daunx dipotong2 juga buat pupuk yang laen.
he...
jeyuk makam jeyuk dunk!!
piss!!!!

pudi-interisti mengatakan...

Lho mbak..ntar kalau daunnya diprethelintar tanemannya mati donk...
Masa hanya pengen tanaman subur, mengorbankan tanaman yang lain????/

Sandi Wibowo mengatakan...

wuiiiih, tipsnya patut dicoba nih,
makasih ya

antown mengatakan...

saya mampir lagi....

lho...
saya mampir.., mana teh nya?

Gudang Kambing mengatakan...

bener, pinter.

aksesoris mobil xenia mengatakan...

inspiration bngettt ..okeh juga nie tipsnya..thx infonya..