Rabu, 23 April 2008

Yok Slamatkan Rumah *baca bumi* Kita!


Hari bumi baru aja lewat, tapi mestinya kita jangan ngelewatin begitu aja maknanya. Yang jelas bumi itu *kalo diibaratkan orang* sekarang bebannya berat dan penyakitnya banyak, mo jalan ajah terseok2 sangking payahnya.... Kasian ya, gak kebayang kalo ngalamin gituan. Buat ngobatin si bumi ini bisa kita mulai dari hal yang kecil2 koq. Jangan ragu untuk :

1. Pake listrik sesuai kebutuhan. Jangan meninggalkan peralatan elektronik dalam keadaan stand by walopun dalam keadaan off, karena ternyata arus listrik masih aktif di alat2 itu. Atur suhu AC antara 21-24 derajat celcius. Stop mengisi kulkas terlalu penuh sehingga suhunya disetel maksimal.

2. Pilih bahan alami. Ketimbang pake obat nyamuk yang berbahan kimia, bisa diganti dengan tanaman lavender, zodia, geranium ato serai wangi. Gunakan raket nyamuk dengan baterai yang rechargable ketimbang obat semprot, bakar ato lotion.

3. Kertas dihemat. Kerusakan hutan paling parah disebabkan salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan pembuatan kertas (kantong belanja, tisu, diapers dll). Makanya beralihlah dengan alternatif lain yang lebih aman (tas belanja kain/anyaman tanaman, saputangan, popok kain dll).

4. Pake air seperlunya. Cuman 3% air di bumi yang layak minum. Daripada mandi di bathtub, mandilan dengan gayung ato shower. Buatlah resapan air tanah di pekarangan agar ketersediaan air tanah tetap terkjaga.

5. Jangan sembarangan buang barang. Percaya ato nggak, setiap warga masyarakat modern menghasilkan sampah 2 kg/hari. Sebelum membuang barang, cek sekali lagi apakah pita kado, stoples, plastik yang akan dibuang masih bisa digunakan. Untuk barang yang masih rusak sedikit mungkin lebih baik diperbaiki daripada membuangnya dan membeli baru.

6. Jadilah konsumen hijau. Sebisa mungkin belilah cologne, sirop, juice ato selai dalam botol. Meski lebih berat, bahan gelas lebih mudah didaur ulang daripada plastik. Pilih bahan makanan organik (paling bagus hasil tanaman sendiri), karena proses penanamannya lebih ramah lingkungan.

Well... well... sanggup enggak kira2 melakukan hal2 diatas? Sanggup dunk ya..ya..ya.... Kalo gak bisa smua, satu ato dua poin ajah udah bisa bikin si bumi senyum koq.....

7 komentar:

Gudang Kambing mengatakan...

saya dukung. Betul. termasuk harus bawa kresek sendiri kalau belanja, jadi tidak menambah sampah plastik. tanaman organik, bagi yang tidak punya lahan bisa di pot atau sistem hidroponik

purwa mengatakan...

Dah semua tak ku laksanakan, lho. Gimana dengan Nina sendiri? hehehehe....

adeq mengatakan...

makanya aku setuju ama motto aa' gym mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang

pudi-interisti mengatakan...

Woooooooookeh!! Tipsnya yahud. Pantas dilaksanakan.Ayo selamatkan bumi kita!

rizky mengatakan...

Siap bozz, siap laksanakan ^ saran yang bozz berikan aQ juga perduli kok dengan bumiku yang akan hancur ini

.ngga. mengatakan...

SAYA DUKUNG!!! selamatkan rumah kitaa....

Kristina DIAN Safitry mengatakan...

tanganku tak cukup untuk menyelamatkan bumi. gubrak! waduh, aku jatuh. he..he...