Kamis, 17 April 2008

Pedas vs Panas


Huah.. huah....sshhh.. *kepedesan sambil megap2*. Lagi enak2nya nge-blog sambil makan risoles kue kesukaan ku tau2... ceprott... terkunyah sebiji cabe rawit yang tersembunyi di dalam risoles *pelajaran : makanya makan jangan disambil2*. Walhasil jadi gelagepan nyari aer yang bisa diminum buat ngilangin rasa pedas yang nyelekit sampe ke kuping. Sangking pedesnya nggak nyadar, aer vas bunga hampir di-glek.

Untung ajah aku teringat nasehat guru SD dulu tentang pelajaran kesehatan yang menyarankan kalo rasa pedas jangan dilawan dengan air yang dingin (air es), tapi dinetralkan dengan air hangat (bisa air hangat bergula ataupun tidak). Air es hanya akan membuat 'bentrokan' di perut akibat rasa pedas yang menyengat, karena rasa pedas sebenarnya membuat tubuh kita panas. Lebih baik lagi kalo rasa pedas dinetralkan dengan teh manis yang panas dan kental. Hal ini bisa memulihkan rasa panas di perut dan mencegah rasa mulas yang ditimbulkan oleh si cabe tadi.

Glek.. glek.. akhirnya kuminum segelas teh manis panas yang secara berangsur2 emang mampu bikin rasa pedas lenyap.

Besoknya di kantor ternyata ada temen ngasi lontong pecel yang (lagi2) pedas. Lagi2 dengan lahap aku santap, perkara pedas belakangan yang penting makan dulu.. *itu namanya tobat2 cabe, biar pedes tetap mau lageeee......*

8 komentar:

Ani mengatakan...

Aku justru senang pedas, apalagi nyeplus cabe rawit..hmm.... suka banget. Aroma cabe rawit saja sudah bikin aku ngiler. Bayangkan satu potong tahu bisa pakai cabe rawit 2 atau 3 biji. Ceplas ceplus cabe rawit ini sudah kujalani bertahun2, nggak makan tahu, tempe, mie goreng, bihun goreng, lha makan pisang gorengpun kadang pakai cabe rawit. Trus aku nggak suka minum kalau habis makan cabe , rasa enaknya cepet ilang, jadi mending nunggu pedesnya ilang sendiri. Pokoknya hidup tanpa cabe serasa sayur tanpa garam, hambaaaar! *dari penggemar cabe rawit*

rizky mengatakan...

Kalo aQ suka makanan Pedas namun gak suka ama Lombok.... Aneh ya AQ???

pudi-interisti mengatakan...

Kalau soal makanan gini gak bisa comment nih aku, harus di kasih dulu sebungkus. ayo kirim sini !!!

mare mengatakan...

pedas itu disebabkan oleh kandungan capsaicin dalam cabe, bisa dinetralisir dengan susu yang mengandung laktosa

pericahaya mengatakan...

waduh mbak seneng pedes ya!! hehe, kalo lg doyan2nya makan pedes, aku juga sering kek gitu, semua yg pedes2 di lahap =p dan tetep aja bandel, minumnya pake air es =p gak tau napa kayaknya kok ngerasa gak afdol ya, hehe..

ngga. mengatakan...

waaa.. aq doyaaan banget peda.. tapi yah itu, selalu aq lawan sama aer dingin.. hehe.. lagian rasanya gag sanggup aja gitu udah kepedasan musti minum aer anget... waa...

TJ mengatakan...

wah, kepedesan yg inspiratif..
makasih yaaa infonyaaa...

TJ mengatakan...

btw, itu yg diatas gw doyan ikan peda?