Rabu, 09 April 2008

Cegah Keracunan Logam Sekarang !!


Buat kita2 yang tinggal di kota besar tentunya udah akrab dengan yang namanya polusi, baik polusi udara, air atau tanah. Polusi udara berasal dari asap knalpot kendaraan bermotor/asap pabrik, polusi air bisa berasal dari limbah industri pabrik/penambangan dan polusi tanah yang diakibatkan karena pemberian pupuk oleh zat kadmium (berfungsi sebagai katalis).

Semua yang kita makan dan minum mungkin ajah berasal dari sumber polusi, dan lama2 bisa bikin konsumennya keracunan, terutama keracunan zat logam. Untuk meminimalkan resiko keracunan logam bisa dilakukan dengan :

  1. Belilah ikan yang diketahui dengan pasti sumber lautnya. Pilihlah ikan air tawar kalo khawatir dengan pencemaran laut, jangan lupa untuk menkonsumsi ikan yang masih segar (dibeli dalam keadaan hidup).

  2. Mengkonsumsi cumi/sotong dengan membuang kulit luarnya karena sebagian besar logam berat dicurigai terakumulasi di kulit luar hewan ini.

  3. Kerang adalah jenis sea food yang paling besar kemungkinan terkontaminasi logam berat karena kerang hidup di dasar laut dan tidak mudah berpindah2. Limbah yang dibuang ke laut biasanya mengendap di dasar laut.

  4. Cucilah ikan, sayur dan buah dengan air bersih yang mengalir.

  5. Jangan meniriskan makanan yang digoreng dengan wadah yang beralaskan kertaas koran/kertas bertinta.

  6. Jika tinggal di daerah yang berdekatan dengan pabrik berbahan baku kimia, periksakan kandungan air dan tanah ke lab terdekat.

Selalu ingat pepatah nenek bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.....

7 komentar:

rizky mengatakan...

Baek bu guru pesanmu akan selulu Q ingat...
apa lagi kata-kata yang mencegah lebih baek dari pada mengobati.... kayak kata2 iklan ya!!!!!!!!!!!*#&$?%?$IO>:#_

~ tc ~ mengatakan...

yang terpenting hindari makan makanan yang mengandung besi (obeng, baut atau bahkan velg mobil...)
itu paling penting..!

Ecko mengatakan...

Di Indonesia ini apa aja koq sudah terkena racun semua ya? Jadi gak neak mau makan apa-apa juga. :(

pudi-interisti mengatakan...

Susah kayaknya kalau menjalankan tips dari mbak nina. Gimana kalau makan kita para blogger langsung masakan dari mbak nina? Pasti di jamin sehat tuh

aprie mengatakan...

setuju ma idex Poo..ditunggu ya mba masakanx.xixixix..........

mare mengatakan...

mengecek kandungan logam di tanah ?
gimana caranya mbak ? perlu titrasi dan beli reagent hiks..

andekhi mengatakan...

untung saya ga suka ikan dan temannya.. hehehehehe....