Senin, 31 Maret 2008

Jajan yang Sehat


Entah kenapa, dari mulai masih kuntet ampe sekarang aku suka banged dengan yang namanya jajan, entah itu di warung, kantin ataw pinggiran jalan. Yang penting kudapannya enak, perkara lain dipikirin belakangan ajah. Cuman, setelah aku pernah ngalamin sakit perut yang lumayan parah *ampe dua hari dan maap, terus2an buang ke kamar mandi* gara2 jajan sembarangan sekarang jadinya rada tobat..bat kalo jajan. Jadi gak sekedar mikirin enaknya ajah tapi juga mempertimbangkan hal2 yang kayak gini :


  • Jangan jajan yang lokasinya berada dekat dengan sumber kotoran misalnya sampah, selokan kotor dll.
  • Pilih gerobak yang tertutup.
  • Perhatikan perkakas yang digunakan oleh pedagang seperti lap. sendok, piring dll.
  • Beli makanan yang panas dan makan selagi panas, dengan demikian bakteri akan mati.
  • Hindari makanan/minuman dengan warna yang mencolok.
  • Kalo perlu bawa wadah makanan sendiri dari rumah.

Pelajaran yang berharga emang dari pengalaman, kalo nggak sakit perut ya.. terus ajah jajan sembarangan ^_^

5 komentar:

rizky mengatakan...

anak kuntet yang sekarang dewasa.... Oper dunk jajannya ke sini laper ni??????

Ani mengatakan...

NGomongin soal jajan, sama tuh. Aku, hubby & anakku suka makan di luar (tapi kalau week end atau pulkam). Tapi sekarang kami pilih2 tempatnya juga, gara2 hiiiiii.....jijay ah ceritanya.

Andie Wicaksono mengatakan...

nice tips! Thanks for share it with us! :)

Mama Rafi mengatakan...

wah aku jg suka jajan mbak baik yg di pinggir2 jalan ato resto yg bgs ga masalah asal enak, tp yah liat2 jg pinggir jalannya kalo tempatnya ga bersih becek n ga nyaman gt ya males.

pudi-interisti mengatakan...

Udah banyak uang kok masih jajan sembarangan. Nganggur tuh resto.