Jumat, 29 Februari 2008

JADUL emang JAGO


Halah, udah haru eh hari jumat lagi... berarti wik-en lagi buat sejenak ngelepas rutinitas kantoran..Dan menjelang wik-en tadi aku dateng ke demo masak. Ceritanya kemaren ada orang ngasi undangan ke kantor, buat acara promosi alat2 masak sekaligus demo masakan dengan alat canggih tersebut. Memang sih acaranya di resto pas sebelahan dengan kantor kita jadi kupikir gak papa lah dateng bentar, deket ini.. mana ada door prize nya pula.

Nyampe di acara, udah banyak emak2 dateng. Langsung aja kita ngikutin si salesnya ngomong bla-bla-bla.. Singkatnya, alat2 masak yang dijual canggih punya, bisa menghaluskan, memotong, mencincang dan satu alat bisa multi fungsi, bisa masak nasi, bikin bubur, masak sup, bikin susu kedelai, masak rendang, semur tapi nggak termasuk masa bodo... Semua alat2 itu digerakkan dengan tenaga listrik, tentu saja. Aku pikir2, memang orang jadul itu hebat, bayangin dengan tanpa alat2 modern dan canggih kayak gini bisa menciptakan menu masakan yang repot dan rumit kayak rendang, segala macem gulai. Semua bumbu dibuat dan dihaluskan manual pastinya alias pake otot alias diulek. Nah, kalo kita2 yang idup di jaman ini khan tinggal pencet kenop... tet... dan biarkan mesin yang menghaluskan.

Lagi aku mengkhayalkan masa lalu dan masa kini, tau2 si Ibu Sales dateng dan nanyain mo beli yang mana (asal tau aja, tuh mesin2 canggih harganya ber-jut2 tapi bayarnya bisa nyicil). Aku jawab aja,"aduh, maap ya.. barangnya bagus2 tapi berhubung kota Medan mengalami krisis listrik sejak taon 2000 dan gak tau kapan berakhir, kayaknya saya blom brani pake ni barang. Bukannya apa2 Bu, nanti kalo saya masak rendang di alat ini dan tau2 baru 10 menit trus listriknya padam, lha... rendang saya jadinya...???"

Si Ibu Sales akhirnya ikut bingung sambil garuk2 kepala yang (nggak) gatel..

1 komentar:

Ani mengatakan...

Memang orang jamdul malah lebih hebat dari jaman kita2 sekarang ini. Dari soal masak sampai soal ngurus anak.
Kalau soal listrik, betul juga tuh, kalau byar pet melulu, bikin barang2 elektronik kita cepet rusak.