Selasa, 29 Januari 2008

EVERY DAY SHOUL BE A VALENTINE DAY






Merayakan Valentine setiap tanggal 14 Februari setiap tahunnya mungkin merupakan pilihan sebagian orang. Tapi tau nggak sih sejarah dan asal usulnya? Sebenarnya ada beberapa legenda tentang hal ini. Sebuah legenda menyebutkan bahwa Valentine adalah seorang pendeta pada abad ke-3 di Roma. Ketika itu Raja Claudius II melarang para prajuritnya untuk menikah agar tetap bisa konsentrasi di medan perang. Namun secara diam-diam St. Valentine bersedia menikahkan beberapa pasangan dan ketika hal itu diketahui sang Raja Claudius II, beliau pun menghukum mati St. Valentine.
Legenda lain menceritakan bahwa St. Valentine dibunuh ketika menolong pelarian tahanan Kristen yang disiksa di penjara Roma.

Ada juga legenda yang menyebutkan, ketika di penjara Valentine jatuh cinta dengan seorang gadis (anak sipir penjara) yang kerap mengunjunginya di penjara. Sebelum dihukum mati St. Valentine diizinkan untuk menulis surat untuk si gadis, surat tersebut ditutup dengan "From your Valentine."
Apapun legendanya yang jelas cerita tentang St. Valentine adalah tentang keberanian, semangat dan tentu saja kasih sayang. Untuk hal yang tiga ini kayaknya kita nggak perlu tunggu tanggal 14 Februari tiap tahunnya karena hidup pasti terasa datar dan hambar kalo kita nggak punya tiga rasa itu. Khusus buat konteks kasih sayang kayaknya bisa dijabarkan dengan sangat luas dan umum, bisa buat orang tua, adik, kakak, temen, temen spesial, om, tante, si pussy, si blackie, tetangga, anak yatim, kaum duafa.... aduh, nggak terhitung pokoknya.

Jadi, kalo boleh merayakan hari Valentine bukan cuma setahun sekali aja, lebih bermanfaat kalo diresapi tiap hari. Ya iya lah.... biar nggak dibilang sekedar ikutan trend tahunan aja bo' !


Tidak ada komentar: